Langsung ke konten utama

Undangan Terbuka : Menerbitkan Ide Segar dalam sebuah buku Antologi Esai Guru secara Indie Publishing

(Hari H : 17 Mei 2011) Undangan Terbuka Untuk Guru dan Pemerhati Pendidikan : Menerbitkan Ide-Ide Segarnya dalam sebuah buku Antologi Esai Guru secara Indie Publishing. IGI (Ikatan Guru Indonesia) Semarang mempersembahkan untuk anda, sebuah media pertemuan dan pematangan, dalam bentuk pelatihan terpadu dan berfollow-up, untuk mereka yang telah menulis ataupun baru saja menulis.  Acaranya diberi tajuk : Guru Menulis, Guru Go Blog, dan Guru Menerbitkan Buku. Pelatihan ini , terbuka bagi siapa saja, khususnya :
  1. Bagi anda yang memiliki ide dan pemikiran tentang kondisi pendidikan di Indonesia, dalam bentuk tulisan yang sudah jadi, atau telah pula menuliskannya dalam bentuk artikel/esai atau tulisan kreatif lainnya. Baik di buku harian pribadi, media komunitas, blog pribadi, website, ataupun media massa.
  2. Bagi anda yang memiliki ide dan pemikiran, masih  dalam bentuk 'mindmap' atau kerangka atau pokok-pokok pikiran, dalam konteks peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
  3. Bagi anda yang telah menyusun draft buku dengan tema apa saja, dan sedang mencari informasi bagaimana caranya menerbitkan buku itu.
  4. Bagi anda yang ingin mendalami seluk beluk penerbitan buku secara indie (self) publishing atauPOD (Print on Demand)
  5. Bagi anda yang ingin mengelola blog agar lebih powerfull dan menginspirasi.
(note : tema pendidikan di Indonesia bisa meliputi : filosofi pendidikan, sistem pendidikan , metode belajar yang menyenangkan, kritik pendidikan, pengembangan guru, dan sebagainya). Maka, acara ini kami rekomendasikan untuk anda hadiri. Sebab :,
  1. Kami akan memilih 5-10 ide/tulisan terbaik dari peserta dan digabung dengan idetulisan dari pegiat IGI Semarang, untuk diterbitkan menjadi buku dengan metode indie publishing. Peserta akan diberi waktu maksimal 1 bulan untuk menyelesaikan idenya menjadi bentuk tulisan esai/ilmiah populer. Dan 1 bulan kemudian untuk editing, layout, covering, endorsement, dan pencetakan. Seluruh peserta yang hadir akan mendapatkan buku ini secara cuma-cuma.
  2. Kami menyediakan diri berperan sebagai konsultan untuk draft/naskah buku pribadi para peserta. Karena itu, sebaiknya hardcopy dan softfile draft buku tersebut sebaiknya di bawa.
Untuk memperkuat wawasan, kami menghadirkan narasumber, diantaranya :
  1. Sawali Tuhusetya. Seorang guru dan blogger senior, penulis produktif, dan jawara berbagai kompetisi blog guru.
  2. Diah Irawati. Redaktur "Suara Guru harian Suara Merdeka,  untuk membahas kekuatan sebuah tulisan dalam sudut pandang pekerja media, berikut tips-tips menulis ilmiah populer atau creative writing.
  3. Estu Pitarto. Ketua IGI Semarang. Guru dan Penulis. Sharing tentang metode menulis dengan mengelaborasi kekuatan Otak Kanan.
  4. Doni Riadi. Guru, blogger, editor, pegiat Komunitas Wedangjae (Wacana & Analisis Jurnalisme Empatik) dan praktisi Indie Publishing. Sharing tentang pengalaman ber-indie Publishing.
Catat tanggalnya : Hari/Tgl : Selasa, 17 Mei 2011 Jam : 09.00 WIB -1 5.00 WIB (on time, bung!) ^_^ Tempat : SDN Taman Pekunden. Jl Taman Pekunden, Semarang Investment Fee : Rp 100.000,- c.p : Estu Pitarto 024-70415554. https://www.igisemarang.wordpress.com/

Komentar

Populer

Mengenal Benturan Peradaban : Sebuah Pengantar

Apa perbedaan ideologi dengan peradaban ? Bagaimana pengaruhnya terhadap tatanan global dunia? Dimanakah posisi ideologi dan peradaban dalam gerakan mahasiswa ? Adalah pertanyaan fundamental yang layak dipahami oleh seorang aktivis gerakan mahasiswa muslim. Yang jelas, setelah blok komunis runtuh pada kurun waktu 1980-an, maka perbincangan tentang ideologis dianggap sudah selesai. Para pemikir kemudian kemudian menemukan cara pandang baru yang lebih komprehensif yaitu peradaban. Dalam tataran lokal masional, friksi diantara tiga ideologi besar --nasionalis, agama (Islam), dan komunis—tidak lagi menarik dibicarakan dibanding dengan pembicaraan seputar peradaban barat, Islam, dan konfusian. Tulisan berikut ini bukanlah sebuah analisis orisinil penyusun, tetapi kumpulan tulisan dari beberapa penulis dan pengamat peradaban yang dimuat dimedia massa, baik berupa artikel, resensi, maupun kutipan-kutipan dari esai ilmiah populer. Dengan harapan, dapat digunakan sebagai bahan diskusi yang

Award dari Majalah SWA

Award dari SWA Kliping majalah SWA edisi 3 NOvember 2008 , saat bersama temen-temen di komunitas penulis, Komunitas Wedangjae, mendapat anugerah Award sebagai komunitas terbaik kedua Paling Berkontribusi aspek Kebangkitan Bangsa. Survei dilakukan oleh Prasetya Mulia Bussiness School . Piagamnya, berpigura, sampe dirumah kira-kira3 minggu kemudian.    Kalimatnya : Certify that KOmunitas wedangjae who Construct Inspiration of Society. (alhamdulillah) . Tampak dalam foto, 3 pegiat  Wedangjae : Joko Kristiyanto, Edhi Prayitno Ighe, Doni Riadi

Milestone Wedangjae Online

Assalamu'alaikum Wr.Wb, Ini adalah sebuah milestone atau sebuah tonggak baru atau Nol Kilometer bagi Komunitas Wedangjae online. Setelah didirikan tahun 2002 dan memiliki web untuk pertama kali tahun 2003 di Geocities (free) menggunakan Dreamweaver, Flash, dan Frontpage, hingga mengalami pasang surut dengan web berbasis CMS berdomain dotcom (2006-2010) dan dotnet (2010-2017), kini Wedangjae hadir kembali dalam bentuk yang lebih praktis, menggunakan blog engine sebagai 'angkringan'-nya. Sebagian tulisan adalah arsip digital para pegiatnya atau kegiatan yang pernah dilakukan Wedangjae, sehingga tanggal posting sebelum Maret 2018. Sebagian yang lain adalah karya terbaru di awal-awal tahun 2018. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr.Wb.